Dosen Pengampu: Dr. Nanik Prihartanti, S.psi., M.Si
DISUSUN OLEH:
WIDIA ANGGI ISSETIANTO
T100145026
Bidang Minat: Klinis
Magister
Psikologi Profesi
Universitas
Muhammadiyah Surakarta
2015
A. Identitas
Subjek
1. Nama : L
2. Jenis
kelamin : P
3. Pendidikan : S1
4. Alamat : Mendungan Baru
5. Urutan
anak : 1 dari 3 bersaudara
6. Usia : 22 tahun
7. Status : belum menikah
B. Keluhan/permasalahan
subjek: Pendapat kurang diterima dalam keluarga
C. Riwayat
Perkembangan subjek:
Subjek sudah mulai memahami masalahnya pada saat
proses konseling pertama. Pada saat konseling kedua subjek sudah mampu
mengetahui potensi-potensi atau kelebihan yang dimiliki sehingga subjek mampu
menemukan solusi untuk permasalahannya dan mengoptimalkan untuk penyelesaian
masalah yang di hadapi.
D. Proses
Konseling
Hari
1: Senin, 27 April 2015
Jam:
20.00 – 21.00 ( 49 menit )
Tempat:
makam haji
K/T
|
Dialog
|
Microskill
|
Tahap
|
Terapis
|
Assalamualaikum
warrahmatullahi wabarokatuh
|
||
Klien
|
Waalaikumsalam
warrahmatullahi wabarokatuh
|
||
Terapis
|
Perkenalkan
nama saya Widia Anggi Isserianto mahasiswa magister profesi psikologi ee
seperti yang diketahui di perjanjian awal tadi, ee dalam kali ada beberapa
sesi dan seperti yang tertera dalam infoarm consent anda memiliki masalah
yang ingin diselesaikan. Dalam penyeelesaian nantinya ada beberapa sesi dan kali
ini kita akan menjalani satu sesi.
Sebelumnya
bisa perkenalkan diri anda, dengan mbak siapa?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ee
dengan mbak Lia,
|
||
Terapis
|
Lia,
Alamatnya dimana mbak?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Alamatnya
saya sebenarnya rumahnya di tegal cuma sayakuliah disini jadi saya ngekost di
daerah mendungan.
|
||
Terapis
|
Emmm….
Sekarang ee kegiatannya ini apa?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kegiatan
apa?
|
||
Terapis
|
Maksudnya
kegiatan akhir-akhir ini.
|
||
Klien
|
Kegiatan
akhir-akhir ini, saya nggak banyak kegiatan ya mas, kebanyakan kegiatannya di
kampus.. darii… saya itu kan kuliah kan lagi ngambil apa namanya profesi
psikologi jadi saya kuliah dari hari senin sampau sabtu dari jam delapan pagi
sampai ya sampai ya selesainya tu sebenernya jam nggak pasti sih tergantung
dosennya kadang jam 3 sudah selesai jam 4 udah selesai, yaitu sekitar sore
itu, terus nanti paling ya habis kuliah makan habis itu pulang capek kan
seharian sudah kuliah
|
||
Klien
|
Iya..
|
||
Terapis
|
Ya
sholatlah seperti biasalah ya, kemudian tidur kalo capek banget tidur
biasanya, trus bangun makan lagi, udah karena.. yaudah makan kalau ada
tugassaya mengerjakan tugas , kalau nggak ada tugas biasanya kalau pingin
belajar ya saya belejar, kemudian ee baca buku, kemudian dengerin music kalau
nggak pergi kemana gitu, ya itu akhir-akhir ini kuliah aja sih, Cuma
akahir-akhir ini saya tu sering itu hlo mas, Cuma akhir-akhir ini ada
beberapa hal yang membuat saya nggak fokus belajar itu aja sih.
|
||
Terapis
|
Selain
kuliah kegiatannya apa lagi?
|
||
Klien
|
Ya
itu tadi, itu tadi mas pulang kuliah ya makan kalo nggak makan ngerjain
tugas, kalau nggak baca buku kalau nggak dengerin musik main sama
temen-temen, nggak sih main sih nggak ya, Cuma habis makan itu biasanya
waktunya agak lama jadi ngobrol, dan terus ya udah itu aja.
|
||
Terapis
|
Hobi
mbak apa?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Baca,
baca buku kalau nggak ee kalau nggak nulis, kalau nggak dengerin musik,
udah..
|
||
Terapis
|
Biasanya
buku apa sih yang sering dibaca?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Tergantung,
kalau saya lagi pingin apa ya bacaan yang ringan maksudnya cuma sekedar apa
ya mengalihkan kuliah capek gitu pengen refreshing aku bacanya novel, tapi
kalau pengen membutuhkan suatu informasi itu saya mencari buku yang ya
informsinya pengen sedang saya cari,
missal aku lagi pengen tau tentang ee apa ya kalau kemarin-kemarin itu saya
lagi baca tentang amalan yang bisa dilakukan pada saat kita haid yaudah aku
pengen ngerti apa saja sih yang bisa dilakukan yaudah aku cari bukunya trus
dapet dibaca ya gitu.
|
||
Terapis
|
Emmm,
|
||
Klien
|
Kalau
menulis itu biasanya saya tu suka nulis kalau ada momen tertentu yang ingin
saya tulis dan ingin saya rekam kembali maksudnya suatu saat akan saya
munculkan kembali di ingatan-ingatan saya dan momen tersebut menarik untuk
ditulis saya tulis, baik itu dalam bentuk cerita pernah, dalam bentuk cerita
sih.
|
||
Terapis
|
Biasanya
momen apa yang ditulis?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
banyak misal ya ee momen wisuda missal gitu ya yaudah saya tulis tapi bukan
nulisnya dengan kata-kata yang biasa saja maksudnya ee kalau toh seseorang
bakal menemukan tulisan saya itu saya tidak ingin orang lain itu langsung tau
gitu isinya tu apa saya lebih suka yang seperti itu, jadi biar orang lain
bepersepsi dan hanya saya yang eehm tau sebenernya inti tulisannya seperti
apa gitu. Ya momen-momen ya momen-momen yang nggak bisa setiap hari kaya
makan itukan setiap hari bisa ada gitu kan, yang jarang kaya wisuda itu
kan apa seumur hidup sekali, ulang
tahun walaupun ulang tahun itu apa dialami tapi kan setiap tahun itu momen
ulang tahun itu beda-beda karena saya selalu menuliskan apa harapan saya
selanjutnya ditahun selanjutnya di umur saya yang bertambah dan setiap saya
ulang tahun menuliskannya, ya itulah saya suka menuliskan dalam sesuatu hal.
|
||
Terapis
|
Tadi
anda bilang anda suka nulis tentang momen-momen dengan kata-kata yang yang
mungkin hanya anda saja yang mengerti, terus tujuan anda menulis tersebut
untuk apa?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
itu tadi saya ingin suatu saat saya ingin membacanya kembali dan mengulang
maksudnya mengingat gitu loh, oiya ya saya pernah seperti ini oiya ya saya
pernah missal saya pernah seneng dan cara cara saya ee menikmati
kesenangannya tu seperti itu ternyata udah baik jadi perlu ditingkatkan e
perlu besok kalau senang harus seperti ini, missal saya pernah sedih saya
tulis tuh saya pernah melakukan kesalahan gini gini gini missal, kemudian kan
suatu saat saya bisa baca lagi tuh kok saya kaya anak kecil banget missal
kaya gitu ya saya seharusnya nggak seprti ini, ini bisa buat pembelajaran
juga buat saya, bisa buat biar saya lebih plong, saya saya tuangkan dalam
tulisan, bisa untuk mengingat kembali momen yang sudah pernah saya lakukan.
|
||
Terapis
|
Selain
itu tadi apa lagi hobi anda?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Tadi
saya suka dengerin music mas.
|
||
Terapis
|
Biasanya
music apa yang sering didengarkan?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Tergantung
mood, saya orangnya memang tergantung mood kali ya, misalkan mood saya lagi
ee sedih tuh saya tu cari lagunya yang nggak sedih, trus kalau lagi seneng
cari lagunya yang sedih tapi nggak tahu kenapa akhir-akhir ini itu saya sedih
saya tambah ikut nyari yang sedih
|
||
Terapis
|
Kenapa
itu?
|
||
Klien
|
Saya
nggak tau mas makannya saya tu heran kok saya sekarang jadi kaya gini malahan
|
||
Terapis
|
Dulu
seperti apa anda?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Dulu..
dulu saya maksudnya gimana nih mas dalam hal apa mas?
|
||
Terapis
|
Kan
kata anda tagi akhir-akhir ini kalau sedih malah mencari lagu-lagu yang
sedih, nha duku anda bagaimana?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kalau
dulu kalau sedih saya nyari lagu yang kebalikannya jadi yang bitnya lebih kenceng, nah kalo lagi seneng
biasanya yang mellow mellow maksud saya tuh biar disaat kamu seneng tuh kamu
harus ingat ada kesedihan dibalik kesenangan, disaat saya apa tadi senang
bisa ada sedih, nah kalau saya sedih itu biar saya tidak tambah terpuruk gitu
loh, tapi kalau sekarang seakan-akan saya menikmati kesedihan sayaa… jadi
sedih ya aku pinginnya.. nha kayaknya sekarang saya tau gini jadi saya sedih
tapi tidak bisa meluapkannya dengan menangis kalau dulu itu saya tu kalau
sedih bisa nangis tanpa harus musiknya itu sedih jadi saya sekarang tu
mencari hal yang bisa membuat saya menangis gitu biar saya lebih plong kalau
menangis itu jadi akhirnya saya memilih kalau sedih lagunya sedih.
|
||
Terapis
|
Yang
anda rasakan dulu itu bagaimana kalau sedang sedih?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Lagi
sedih apa yang dirasakan? Ya sedih
|
||
Terapis
|
Maksud
saya kalau, tadi anda bilang kan dulu kalau sedang senang anda malah
mendengarkan musik sedih, itu supaya apa?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
itu tadi, biar saya tidak terlarut-larut dengan kesenangan saya, jadi tu
tetep inget gitu loh
|
||
Terapis
|
Kenapa
anda harus membatasi hal tersebut?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
karena hidup itu tak selamanya seneng suatu saat kita akan merasakan sedih,
dan saat sedih pun saya bisa merasakan seneng gitu loh, jadi hidup tu nggak
melulu senengnggak melulu sedih saya harus memandang dari kedua sisi itu, itu
dulu..
|
||
Terapis
|
Kalau
sekarang?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kalau
sekarang nggak saya sedih lagunya sedih karena saya ingin menangis tapi nggak
bisa nengis-nangis saya tu bisa plong kalau menangis
|
||
Terapis
|
Apa
yang menyebabkan anda tidak bisa menangis?
|
Membangun
interaksi
|
Tahap 1
|
Klien
|
Nggak
tau, mungkin apa ya, dalam pikiran saya itu.. missal saya ada masalah ni
masalahnya kan ada masalah gitu ya saya mencoba utuk menyelesaikan masalah
itu dalam benak saya udah berpikir saya mencoba untuk menuliskannya tapi
tiba-tiba saya tersadar gitu tugas saya tidak hanya memikirkan masalah ini,
ini bukan masalah besar kamu musti harus menyelesaikan masalah yang lain
masalah kuliah yang lebih penting, jadi masalah itu tidak terselesaikan saya
tidak jadi menangis saya malah mengalihkan ke fokus yang lain, seperti itu
jadi pada saat nanti besoknya lagi tu masalah yang belum terselesaikan itu
muncul lagi nah saya badmood lagi nah terus saya udah pengen nangis kan auh
pengen nangis rasanya tu ngeganjel pengen nangis biar plong, saat saya fokus
pengen nagis lagi saya nggak bisa fokus jadi aduh saya nggak bisa buang-buang
waktu buat nagis saya harus ngerkain tugas yang ini, saya harus itulah, hidup
saya harus terus berjalan itu jadi masalahnya belum terselesainkan
sebenernya.
|
||
Terapis
|
Tujuan
anda datang kemari apa?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kalau
tujuannya sih apa ya.. saya tu itu mas orangnya itu ya saya selalu merasa ee
saya itu pendapat saya dikeluarga saya itu kurang di nilai berharga jadi
kurang memberikan kontribusi yang besar terhadap pengambilan keputusan
didalam keluarga, jadi seakan-akan pendapat saya itu cuma yaudah kamu punya
haak buat ngomong tapi pendapat kamu sebatas itu aja sebatas ngomong aja
masalah diterima seringnya enggak
|
||
Terapis
|
Soal
apa biasanya anda tidak diterima pendapatnya dalam keluarga?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Banyak
hal, missal apa ya.. ya nggak sih nggak banyak hal.. sekarang ya? Apa ya
missal saya tu punya pengalamannya ee nggak di denger itu pemilihan jurusan
di SMA awalnya tu sebenernya aku pingin di IPS tapi disuruh ibu saya di IPA
trus aku ngomonglah “Aku tu nggak bisa kalau di IPA aku tu nggak mampu” aku
bilang gitu “Yaudah di coba dulu nanti kamu juga tau” yaudah.. yaudah
akhirnya saya di IPA. Terus saya malah menunjukkan saya tu pinginnya di
denger ya jadi malah saya menunjukkan diri saya yang negative gitu loh saya
nggak mau belajar, saya nggak dengerin di kelas jadi membuat nilai saya tu
jelek biar bisa ngebuktiin ke ibu saya bahwa saya bener-bener nggak bisa
disitu, tapi tetep aja “Wes to kan udah udah berjalan sekolahnya tu, nggak
mungkin kan mundur?” “Yaudah” akhirnya gitu kan, saya menerima udah. Terus
“yaudah kamu di IPA nggak papa nati kalau pingin jurusannya di IPS terserah
kamu masuk IPS” yaudah. Udah tu saya belajar pelajaran IPS kan karena saya
ingin masuknya di IPS pada saat itu udah udah mau lulus saya udah mau daftar
kan tanya dulu tu ke orang tua ternyata orang tua saya nggak setuju, “nanti
kalau jadi guru bahasa Indonesia apa kerjaan kamu tu susah nyari kerjanya”,
pokonya mereka slalu membuat alas an-alasan yang biar saya nurut sama mereka
“kamu harusnya jadi dokter udahlah udah kamu kan udah di IPA tuh jadi dokter
aja, kamu tu nggak liat om kamu jadi dokter enak tante kamu jadi doker enak,
tapi pada saat itu saya tetep nggak mau menerima, terus udah saya nggak mau
makan terus saya sakit trus akhirnya disitlah orang tua saya “Yaudah maunya
gimana” baru disitulah saya dibolehin tapi walaupun aku udah dibolehin.. nah
terus habis itu lagi tuh nggak sih mulai saat itu sudah mulai di denger
sepertinya cuma, respon dari orang tua saya itu kurang nggak kaya plong gitu
mas jadi ee dulu aku daftar psikologi di UGM bukan, di UNDIP sama di UMS, UMS
udah di terima kan di UNDIP masih belum diterima eh masih belum diterima
masih belum tes, nah terus saya tes dan di undip tu diterima ibu saya suruh milih
“udahlah di UNDIP aja” tapi saya nggak mau saya maunya di UMS, nha terus
habis itu saya suruh pulang “Kenapa kamu pilih ini?” saya ngasih argument
saya “Ya aku udah terlanjur sekolah di UMS males kalo harus pindah ngurusnya”
yaudah akhirnya boleh, tapi jadi karna saya udah di berikan kepercayaan
ibaratya seperti itu udahlah ibu saya udah memperbolehkan saya, saya suruh
jadi dokter nggak saya turutin, nggak mau di UNDIP saya diturutin akhirnya
saya berkomitmen saya harus melakukan yang terbaik biar ibu saya tu saya bisa
megang keprcayaan itu, tapi ternyata ee saya sudah berusaha yang terbaik,
nilai saya sudah bagus saya di suruh nurut tapi orang tua saya tidak pernah
memberikan paresiasi jadi kalau ketemu temen-temennya tu “Sekolah dimana?”
Cuma di solo doang kaya gitulah nggak pernah menjelaskan itu di swasta saya
nggak lebih baik dari orang-orang yang lain kaya gitu
|
||
Terapis
|
Ada
hal lainnya yang membuat anda tidak di hargai?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Hal
lain yang membuat saya tidak dihargai,.. apa ya tidak dihargai tu apa ya… ya
bukan tidak dihargai secara ekstrim sih, ini yang simple ya misal saya nyapu
tuh nha nyapuuu udah selesai trus nonton tv “Mbak itu hlo mbak masih ada yang
kotor” lhaa Cuma segitu gitu loh, yaudahlah saya sapu lagi, segala hal selalu
di komentari, masak rasanya dikomentari, saya udah capek-capek masak ya,
terus habis itu nyuci apalagi kalau pake mesin cuci tu saya kan nggak biasa
pake mesin cuci kan mas nha aku lupa nggak di cabut yaudah nha akhirnya aku
lupa nggak di cabut nha trus “Piye to nyuci gur gawean kaya gitu aja kok
lupa” Kaya gitu jadi hlo gimana saya udah saya tu dari pagi udah banayak
kerjaan maksudnya nyapu habis nyapu nyuci, habis nyusi masak, habis masak
beres-beres kaya gitu-gitulah sampai jadi kerjaan saya tu nggak
berhenti-berhenti sampe ibu saya pulang sampe adik saya pulang, terus nyiapin
makan buat adik saya nemenin adik saya kaya gitu-gitu sampe ibu saya pulang
nanti ada kerjaan lagi jadi gitu loh kok nggak liat dari sisi yang luas gitu
loh saya sudah mencoba melakukan hal banayk kalau saya sampe ada kesalahan
kecil itu mbok ya itu wajar gitu loh.
|
||
Terapis
|
Anda
itu anak keberapa?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Saya
anak pertama dari tiga bersaudara, saya perempuan sendiri adik-adik saya
laki-laki.
|
||
Terapis
|
Adik
umur?
|
||
Klien
|
Yang
pertama 17 tahun SMA kelas 2, yang kedua masih SD 10 tahun kelas 4
|
||
Terapis
|
Kembali
ke tadi ee apa sih yang membuat ada itu sering tidak diterima pendapatnya?
|
Menggali masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Yang
sering tidak di terima pendapatnya… emm apa ya.. apa ya.. ya jadi mau main
misal ya saya piker umur saya udah segini pulang mau main “ngapain main” ya
sebernya saya belum berpendapat sih mas, jadi tu apa ya pokonya saya sudah
bepersepsi dulu gitu loh “wah nanti kalau saya main pasti nggak boleh” nanti
kalau aku kalau aku apa ya nanti pasti apa sih nggak boleh lah pasti bapak
saya marah pasti ibu saya marah soalnya pengalaman sebelumnya itu kaya gitu
nggak boleh main nggak boleh gitu-gitulah jadi sebenernya belum ngomong tapi
saya udah menyimpulkan sendiri
|
||
Terapis
|
Oo
jadi anda belum pernah mengkomunikasikannya?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Belum,
mungkin karena belajar dari pengalaman pas dulu-dulu itu kan setiap kali saya
ngomong nggak uasah nggak usah main kamu tu ngapain main nggak boleh, nggak
boleh, salah di marahin akhirnya kan udahlah nanti kalau misal aku ngomong
nanti dimarahin mending nggak usah aja kaya gitu malahan, jadi saya merasa
nanti kalau paling pendapat saya nggak di denger, paling kaya gitu aku udah
bepersepsi kaya gitu dulu.
|
||
Terapis
|
Jadi
masalah anda itu kurang diterima pendapatnya dalam keluarga seperti itu?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kurang
diterima sih bukan ya mas, tapi takut nggak diterima pendapatnya soalnya aku
nggak coba buat ngomong, sekarang kaya gitu nggak berani untuk ngomongnya
aja, saya nggak mau saya ggak mau ee selama ini kan saya selalu berpendapat
dampaknya negatif berpendapat dampaknya negatif jadi dalam pikiran saya saya
tu piker nanti kalau saya ngomong nanti saya di tolak sama sama pendapat saya
ditolak sama orang tua nanti saya
harus sakit hati, harus pusing, harus mumet aku nggak mau kaya gitu, jadi
akhirnya yaudah berhenti disitu nggak mau ngomong.
|
||
Terapis
|
Apakah
semua demikian? Maksudnya apakah nggak pernah sekali aja pendapat anda tidak
diterima?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Diterima
pernah misal kaya ngelanjutin kuliah
|
||
Terapis
|
Iya,
apa lagi?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Itu
ya diterima tapi terserah ibaratnya kaya gitu apa ya apa sih itu aja
|
||
Terapis
|
Terus
apa yang membuat anda takut kalau pendapat anda nanti tidak diterima?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Karena
masalahnya tuh masalah yang besar bukan masalah yang sederhana gitu kaya
sekedar apa ya beli baju itu kan sederhana hla ini tu pendapat.. apa ya ini
masalah yang besar gitu loh mas
|
||
Terapis
|
Masalah
apa?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Yaudah
masalah apa sih… ya…
|
||
Terapis
|
Contohnya..
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Contohnya..
contohnya ya masalah besar ya… misal.. kaya mau main sama temen-temen lama,
maksudnya beberapa hari nginep trust u dikomeninya banyak gitu loh “mau
ngapain? Mending kegiatan yang lain, main-main tu apa fungsinya, nanti kamu
dimarahin papa, udah nggak usah kalau mama sih nggak papa, tapi papa tu pasti
nggak ngebolehin” misal kaya gitu yaudah akhirnya daripada ibu saya dimarahin
papa saya daripada nanti iya sih nanti main ngapain yaudah nggak usah nggak
jadi aja
|
||
Terapis
|
Kalau
hal lainnya?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Hal
lain maksudnya?
|
||
Terapis
|
Contoh
lainnya?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Contoh
dala hal apa mas?
|
||
Terapis
|
Emm
itu kan masalah main, mungkin ada masalah lainnya?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Terkait?
|
||
Terapis
|
Terkait
dengan pendapat anda yang tidak diterima?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
.. masalah apa ya… ya apa sih.. misal kaya masalah kemarin ya mas ibu saya
kurang setuju saya punya.. bukan saya punya pacar saya berpacaran dengan
orang tersebut, saya nggak berani untuk berpendapat disitu jadi ibu saya
ngomong saya udah dengerin aja udahlah nanti kalau aku kalau aku kan nanti
ujung-ujungnya ibu saya yang menang aku kaya gitu mikirnya, jadi akhirnya ibu
saya ngomong saya dengerin saya dengerin walaupun dalam mendengarkan itu saya
saya rasa nggak sepenuhnya ibu saya benar gitu loh tapi pada akhirnya saya
mendengarkan ibu saya dan akhirnya yaudah karna mendengarkan yaudah akhirnya
putus.
|
||
Terapis
|
Emm…
apakah anda tidak mencoba mengeluarkan pendapat anda?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Enggak
|
||
Terapis
|
Kenapa?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
saya malas berdebat saya malas nggak pengen aja berdebat gitu loh saya nggak
pengen yaudah soalnya saya mikirnya gini loh pasti saya nggak di denger saya
mikirnya kaya gitu walaupun nggak tau akhirnya saya didenger atau nggak saya
nggak tau soalnya kan saya nggak pernah nyoba memang kan tapi yaudah saya
pasti nggak akan di denger begitulah
|
||
Terapis
|
Ada
nggak keinginan untuk mengatakannya, untuk mengeluarkan pendapat anda?
|
Menggali
masalah
|
Tahap 1
|
Klien
|
Ya
pengen banget biar saya tu apa ya jadi setiap apa yang saya lakukan itu nggak
hanya dilihat dari sisi segi pandang orang tua saya saja, saya juga berhak
gitu hlo mengambil keputusan-keputusan yang nantinya berdampak pada saya gitu
hlo mas saya pinginnya gitu
|
||
Terapis
|
Apa
yang anda rasakan ketika ingin mengungkapkan pendapat anda tapi anda tidak
bisa mengungkapkannya?
|
Membantu klien
mengakui yang dirasakan
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kesel
pastinya ya, kesel, marah, tapi saya nggak punya daya gitu hlo ya gimana
marah gimana udah gitu aja
|
||
Terapis
|
Itu
saja?
|
Membantu klien
mengakui yang dirasakan
|
Tahap 1
|
Klien
|
He’em…
|
||
Terapis
|
Terus
apa yang ingin anda lakukan seandainya saja anda bisa mengungkapkan pendapat
anda?
|
Membantu klien
mengakui yang dirasakan
|
Tahap 1
|
Klien
|
Kalau
saya bisa mengungkapkan pendapat saya ya saya ingin mengungkapkan ee apa yang
ingin saya inginkan dari suatu masalah itu, misal harapan terhadap masalahnya
tu… jadi gini mas misal ya.. saya kan lagi ada masalah ya mas ya.. ibu saya
itu orang tua saya itu kan ee memiliki pilihannya sendiri buat saya..
|
||
Terapis
|
Pilihan?
|
||
Klien
|
Ya
maksudnya… pilihan untuk.. aduuhh… mendampingi saya pasangan pasangan untuk
saya bukan pilihan sendiri nah ya saya pinginnya ya semisal pendapat saya di
dengar ya jadi saya memberikan kontribusi dong saya setuju atau enggak dengan
pendapat mereka dengan pilihan mereka saya pinginnya di dengar… gitu
|
||
Terapis
|
Terus
apa yang sudah anda lakukan?
|
Membantu klien
mengakui yang dirasakan
|
Tahap 1
|
Klien
|
Belum
ada, saya nggak berani ngomong
|
||
Terapis
|
Kenapa
anda tidak berani ngomong, kenapa anda tidak mencobanya?
|
Membantu klien
mengakui yang dirasakan
|
Tahap 1
|
Klien
|
Karena
pasti orangtua saya ya itulah saya memandang saya tidak akan didengar, jadi
saya ya tidak beranni buat ngomong.
|
||
Terapis
|
Baik,
berarti dapat disimpulkan bahwa mbak ini takut memberikan pendapat mbak
karena mbak sudah berpikiran bahwa pasti nantinya pendapat mbak tidak akan
didengar. Dan mbak merasa tidak adil karena mbak tidak memiliki kontribusi
apa-apa dalam berpendapat
|
Membantu klien
mengakui yang dirasakan
|
Tahap 1
|
Klien
|
Iya.
|
||
Terapis
|
Baik
saya rasa cukup sampai disini dulu sesi pertama kita pada hari ini, besok
kita lanjutkan kembali pada sesi berikutnya untuk memperoleh informasi yang
lebih lagi mengenai masalah yang anda hadapi.
|
||
Klien
|
Iya
mas.
|
||
Terapis
|
Terimakasih
atas waktunya wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh
|
||
Klien
|
Waalaikumsalam
warahmatullahi wabarokatuh.
|
Hari
2: Rabu, 29 April 2015
Jam:
19.30-20.10 (31 menit)
Tempat:
Makamhaji
K/T
|
Dialog
|
Microskill
|
Tahap
|
Terapis
|
Assalamualaikum
waramatullahi wabarokatuh
|
||
Klien
|
Waalaikumsalam
warahmatullahi wabarokatuh
|
||
Terapis
|
Bagaimana kabar anda hari ini?
|
||
Klien
|
Alhamdulillah baik
|
||
Terapis
|
Baik sebelum kita masuk pada sesi kali
ini, mari kita meriview sesi kita sebelumnya.
|
||
Klien
|
Iya
|
||
Terapis
|
Apa yang anda rasakan setelah
mengikuti sesi pertama kemarin?
|
||
Klien
|
Apa ya.. emm.. lebih enak aja sih mas
lebih bisa mengerti masalah saya sebenarnya apa sih dan yang menyebabkan
masalah tersebut apa, mungkin seperti itu.
|
||
Terapis
|
Apa yang anda dapatkan setelah
mengikuti sesi pertama kemarin?
|
||
Klien
|
Ee ya saya baru tau aja sih mas
masalah inti masalah dari saya tu sebenarnya lebih ke saya tu sudah
bepersepsi terlebih dahulu berpikiran negatif terlebih dahulu, saya bakal
tidak pendapat saya akal tidak didengarkan oleh ibu saya atau orangtua saya
lebih itu saja sih yang saya dapatkan dari sesi kemarin, kalau usaha saya
belum maksudnya saya harus berbuat apa saya masih belum tahu gitu.
|
||
Terapis
|
Apa sih kelebihan yang nda miliki?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Kelebihan saya?
|
||
Terapis
|
Iya
|
||
Klien
|
Emmm… saya tu orang nya dalam
melakukan dalam melakukan sebuah rencana atau kegiatan biasanya saya buat
terlebih dahulu planningnya.
|
||
Terapis
|
Contohnya?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Contohnya ya saya itu biasanya membuat
list kegiatan 1 hari itu jadi emm saya akan lebih mudah menjalani kegiatan
tersebut karena saya sebelumnya udah ngebuat list kegiatannya. Kaya gitu gitu
sih mas.
|
||
Terapis
|
Kemudian kelebihan lainnya?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Emm apa ya.. oiya saya tu kan orangnya
ekspresif kan ya mas ya.. jadi setiap saya merasakan seneng atau sedih saya
sering menuliskannya, biasanya saya menulis pusi, cerita apa aja yang jelas
ee saya menu menuangkannya dalam tulisan.
|
||
Terapis
|
Biasanya kapan anda menuangkan
perasaan anda kedalam tulisan?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Ya itu tadi saat saya merasa senang kalau
ada waktu saat itu juga saya tuangkan dalam tulisan, kalu nggak ya ya pas
malamnya saya menulis kan apa yang saya rasakan.
|
||
Terapis
|
Biasanya anda lebih suka menuliskannya
pada selembar kertas atau anda tuangkan dengan ketikan?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Biasanya sih saya suka ee
menuliskannya langsung di kertas sih mas. Karna apa ya enak aja gitu kalau ee
kalau di tuliskannya di kertas.
|
||
Terapis
|
Berarti anda lebih suka menuliskan
langsung dengan tangan anda di kertas ya mbak?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Iya mas
|
||
Terapis
|
Lalu apa lagi kelebihan yang anda
miliki?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Apa lagi ya… emm… saya tu orangnya
rapi, jadi barang-barang ee apa namanya barang-barang di kamar saya seperti
buku baju itu harus rapi. Misal yam as buku itu harus tertata rapi di raknya,
kemudian baju juga saya tu nggak suka liat baju banyak yang di gantungkan
jadi semuanya harus rapi.
|
||
Terapis
|
Emm..
|
||
Klien
|
Sepatu juga jadi sepatu yang nggak
saya pakai itu saya masukkan kedalam kotaknya jadi biar terlihat rapi. Kalau
mau ssaya pakai ya nanti tinggal saya keluarkan dari kotaknya. Gitu mas.
|
||
Terapis
|
Tadi kan anda sudah menyebutkan
kelebihan-kelebihan yang anda miliki, kemudian kekurangan yang ada di dalam
diri anda apa?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Kekurangan… ee kekurangan saya saya
lebih mengedepankan emosi saya mungkin ya, jadi saat saya merasa emosi saya
nggak baik saya lebih ingin menurutinya aja tanpa memikirkan orang-orang
disekitar saya atau tanpa memikirkan jangka kedepannya bakal gimana.
|
||
Terapis
|
Seperti itu..
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Iya mas
|
||
Terapis
|
Ada lagi?
|
Memahami
potensi
|
Tahap
2
|
Klien
|
Emm… apa ya.. mungkin itu aja sih mas.
|
||
Terapis
|
Anda kan sudah tau kan apa masalah
anda, nha yang ingin anda lakukan kedepannya apa?
|
Mengarahkan
klien menjadi diri sendiri
|
Tahap
3
|
Klien
|
Ya saya harus berani ngomong ke
orangtua saya biar semuanya tu beres, dan saya bisa tau nanti bakal seperti
apa, tapi ya itu tadi mas saya masih takut nanti ujung-ujungnya juga saya
bakalan ditolak pendapatnya saya bakalan nggak didenger omongannya, saya tu
males mas.
|
||
Terapis
|
Terus kalau anda tidak berni
mengkomunikasikannya apa yang akan terjadi?
|
Mengarahkan
klien menjadi diri sendiri
|
Tahap
3
|
Klien
|
Ya pasti ya bakalan kaya gini kaya
gini aja sih mas,
|
||
Terapis
|
Dari potensi-potensi yang anda miliki
kemudian kekurangan yang anda miliki kalau dihubungkan dengan masalah yang
anda hadapi seperti apa?
|
Mengarahkan
klien menjadi diri sendiri
|
Tahap
3
|
Klien
|
Maksudnya mas?
|
||
Terapis
|
Gini coba deh dari potensi atau
kelebihan yang anda miliki bisa nggak anda gunakan hal tersebut untuk
memecahkan masalah yang sedang anda hadapi?
|
Mengarahkan
klien menjadi diri sendiri
|
Tahap
3
|
Klien
|
Mungkin saya bisa membuat daftar apa
saja yang harus saya lakukan nanti kalau saya pulang ke rumah, mungkin saya
bisa lebih memberanikan diri untuk ngomong ke orang tua saya ee biar masalahnya bisa terselesaikan. Oiya
ya mas kenapa saya nggak kepikiran dari dulu ya. Harusnya dari dulu saya udah
ngerti harus seperti apa dalam menyikapi masa masalah yang saya hadapi ya.
Intinya berarti saya harus bisa dan berani
mengkomunikasikannya ya. Iya iya bener
|
||
Terapis
|
Kemudian untuk mendukung atau untuk
mereaisasikan agar nantinya anda bisa mengkomunikasikan apa yang anda
keluhkan ke orang tua itu seerti apa?
|
Mengarahkan
klien menjadi diri sendiri
|
Tahap
3
|
Klien
|
Emm.. mungkin saya harus melatih ee
contohnya gini mungkin saya melatihnya kepada teman-teman sekitar saya misal
dalam memilih makan kalau saya nggak atau kurang setuju saya bisa
mengatakannya, mungkin jika hal it uterus di latih saya kitra itu akan
berdampak juaga ee pada saya dalam menyampaikan pendapat saya dalam keluarga.
Mungkin seperti itu.
|
||
Terapis
|
Berarti anda memiliki keinginan ya
untuk berani mengeluarkan pendapat anda atau mengutarakan ketidak setujuan
anda pada keluarga anda?
|
Mengarahkan
klien menjadi diri sendiri
|
Tahap
3
|
Klien
|
Iya mas
|
||
Terapis
|
Baik dari pembicaraan yang telah kita
lakukan tadi mbak tadi memiliki kelebihan atau potensi-potensi seperti
membuat daftar list apa yang harus dilakukan dalam suatu rencana, kemudian
rapi, kemudian mampu mengekspresikan suasana hati kedalam bentuk tulisan.
Dari potensi-potensi yang mbak miliki itu sebenarnya akan bisa mempermudah
mbak dalam menyelesaikan masalah yang anda sedanga hadapi. Jadi mungkin
sampai disini dulu sesi kita pada hari ini, kesimpulan apa yang bisa anda
ambil dari pertemuan kali ini?
|
||
Klien
|
Kesimpulan yang saya ambil saya harus
berani bicara dengan keluarga saya agar masalahnya tu terselesaikan, dan saya
nggak akan tau kalau nggak saya coba.
|
||
Terapis
|
Baik, saya rasa cukup sekian sesi kita
hari ini terimakasih atas kesediaan waktunya Wassalamualaikum warrahmatullahi
wabarokatuh.
|
||
Klien
|
Waalaikumsalam
warahmatullahi wabarokatuh.
|
Kesimpulan
tiap tahap :
Tahap
1 :
Pada tahap ini klien sudah mampu
mengeluarkan masalah-masalah mengenai ketidak dierima pendapatnya di dalam
keluarga, klien mampu menceritakan dan menjabarkan mengapa hal demikian dapat terjadi.
Klien juga mampu menjelaskan perasaannya saat dimana pendapat klien tidak
diterima dan klien slalu diam dan
mencoba menerima. Pada tahap ini pula terapis membangun kepercayaan pada klien
untuk lebih terbuka sehingga nantinya hal tersebut dapat membantu klien pada
dalam meahami masalahnya.
Tahap 2 :
Pada tahap ini terapis mengarahkan klien
untuk memahami potensi-potensi yang ada dalam diri klien sendiri. Dalam hal ini
klien dapat memahami beberapa potensi yang dimiliki seperti membuat list perencanaa,
mengekspresikan emosinya kedalam tulisan , kemudian selalu tertata rapi
barang-barang di kamarnya selain itu juga klien menemukan kelemahannya seperti
terkadang terlalu menuruti emosi sesaat tanpa memikirkan kedepannya seperti
apa.
Tahap 3:
Pada
tahap ini terapis menanyakan tujuan klien kedepannya akan seperti apa. Kemudian
terapis membantu klien dalam memahami apa yang akan dilakukan klien selanjutnya
dalam penyelesaian masalah yang dihadapi.
Kesimpulan
:
Sesi
ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan dalam 2 kali pertemuan ini terapi
dilakukan sampai tahap tiga. Klien dapat memahami masalah atau persoalan yang
di hadapi, kemudian klien dapat memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki
serta mampu menemukan upaya-upaya yang dapat dilakukan kedepannya untuk
menelesaikan masalah yang dihadapi yaitu dengan berlatih mengkomunikasikannya
kembali apa saja dengan orangtu agar nantinya pendapat subjek dapat di terima
di keluarga.
Comments
Post a Comment