Skip to main content

LAPORAN HASIL KONSELING HUMANISTIK





Dosen Pengampu: Dr. Nanik Prihartanti, S.psi., M.Si


DISUSUN OLEH:
WIDIA ANGGI ISSETIANTO
T100145026
Bidang Minat: Klinis




Magister Psikologi Profesi
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2015





A.    Identitas Subjek
1.      Nama                    : L
2.      Jenis kelamin        : P
3.      Pendidikan           : S1
4.      Alamat                 : Mendungan Baru
5.      Urutan anak         : 1 dari 3 bersaudara
6.      Usia                      : 22 tahun
7.      Status                   : belum menikah

B.     Keluhan/permasalahan subjek: Pendapat kurang diterima dalam keluarga
C.     Riwayat Perkembangan subjek:
Subjek sudah mulai memahami masalahnya pada saat proses konseling pertama. Pada saat konseling kedua subjek sudah mampu mengetahui potensi-potensi atau kelebihan yang dimiliki sehingga subjek mampu menemukan solusi untuk permasalahannya dan mengoptimalkan untuk penyelesaian masalah yang di hadapi.
D.    Proses Konseling
Hari 1: Senin, 27 April 2015
Jam: 20.00 – 21.00 ( 49 menit )
Tempat: makam haji


K/T
Dialog
Microskill
Tahap
Terapis
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh


Klien
Waalaikumsalam warrahmatullahi wabarokatuh


Terapis
Perkenalkan nama saya Widia Anggi Isserianto mahasiswa magister profesi psikologi ee seperti yang diketahui di perjanjian awal tadi, ee dalam kali ada beberapa sesi dan seperti yang tertera dalam infoarm consent anda memiliki masalah yang ingin diselesaikan. Dalam penyeelesaian nantinya ada beberapa sesi dan kali ini kita akan menjalani satu sesi.
Sebelumnya bisa perkenalkan diri anda, dengan mbak siapa?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Ee dengan mbak Lia,


Terapis
Lia, Alamatnya dimana mbak?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Alamatnya saya sebenarnya rumahnya di tegal cuma sayakuliah disini jadi saya ngekost di daerah mendungan.


Terapis
Emmm…. Sekarang ee kegiatannya ini apa?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Kegiatan apa?


Terapis
Maksudnya kegiatan akhir-akhir ini.


Klien
Kegiatan akhir-akhir ini, saya nggak banyak kegiatan ya mas, kebanyakan kegiatannya di kampus.. darii… saya itu kan kuliah kan lagi ngambil apa namanya profesi psikologi jadi saya kuliah dari hari senin sampau sabtu dari jam delapan pagi sampai ya sampai ya selesainya tu sebenernya jam nggak pasti sih tergantung dosennya kadang jam 3 sudah selesai jam 4 udah selesai, yaitu sekitar sore itu, terus nanti paling ya habis kuliah makan habis itu pulang capek kan seharian sudah kuliah


Klien
Iya..


Terapis
Ya sholatlah seperti biasalah ya, kemudian tidur kalo capek banget tidur biasanya, trus bangun makan lagi, udah karena.. yaudah makan kalau ada tugassaya mengerjakan tugas , kalau nggak ada tugas biasanya kalau pingin belajar ya saya belejar, kemudian ee baca buku, kemudian dengerin music kalau nggak pergi kemana gitu, ya itu akhir-akhir ini kuliah aja sih, Cuma akahir-akhir ini saya tu sering itu hlo mas, Cuma akhir-akhir ini ada beberapa hal yang membuat saya nggak fokus belajar itu aja sih.


Terapis
Selain kuliah kegiatannya apa lagi?


Klien
Ya itu tadi, itu tadi mas pulang kuliah ya makan kalo nggak makan ngerjain tugas, kalau nggak baca buku kalau nggak dengerin musik main sama temen-temen, nggak sih main sih nggak ya, Cuma habis makan itu biasanya waktunya agak lama jadi ngobrol, dan terus ya udah itu aja.


Terapis
Hobi mbak apa?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Baca, baca buku kalau nggak ee kalau nggak nulis, kalau nggak dengerin musik, udah..


Terapis
Biasanya buku apa sih yang sering dibaca?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Tergantung, kalau saya lagi pingin apa ya bacaan yang ringan maksudnya cuma sekedar apa ya mengalihkan kuliah capek gitu pengen refreshing aku bacanya novel, tapi kalau pengen membutuhkan suatu informasi itu saya mencari buku yang ya informsinya pengen sedang  saya cari, missal aku lagi pengen tau tentang ee apa ya kalau kemarin-kemarin itu saya lagi baca tentang amalan yang bisa dilakukan pada saat kita haid yaudah aku pengen ngerti apa saja sih yang bisa dilakukan yaudah aku cari bukunya trus dapet dibaca ya gitu.


Terapis
Emmm,


Klien
Kalau menulis itu biasanya saya tu suka nulis kalau ada momen tertentu yang ingin saya tulis dan ingin saya rekam kembali maksudnya suatu saat akan saya munculkan kembali di ingatan-ingatan saya dan momen tersebut menarik untuk ditulis saya tulis, baik itu dalam bentuk cerita pernah, dalam bentuk cerita sih.


Terapis
Biasanya momen apa yang ditulis?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Ya banyak misal ya ee momen wisuda missal gitu ya yaudah saya tulis tapi bukan nulisnya dengan kata-kata yang biasa saja maksudnya ee kalau toh seseorang bakal menemukan tulisan saya itu saya tidak ingin orang lain itu langsung tau gitu isinya tu apa saya lebih suka yang seperti itu, jadi biar orang lain bepersepsi dan hanya saya yang eehm tau sebenernya inti tulisannya seperti apa gitu. Ya momen-momen ya momen-momen yang nggak bisa setiap hari kaya makan itukan setiap hari bisa ada gitu kan, yang jarang kaya wisuda itu kan  apa seumur hidup sekali, ulang tahun walaupun ulang tahun itu apa dialami tapi kan setiap tahun itu momen ulang tahun itu beda-beda karena saya selalu menuliskan apa harapan saya selanjutnya ditahun selanjutnya di umur saya yang bertambah dan setiap saya ulang tahun menuliskannya, ya itulah saya suka menuliskan dalam sesuatu hal.


Terapis
Tadi anda bilang anda suka nulis tentang momen-momen dengan kata-kata yang yang mungkin hanya anda saja yang mengerti, terus tujuan anda menulis tersebut untuk apa?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Ya itu tadi saya ingin suatu saat saya ingin membacanya kembali dan mengulang maksudnya mengingat gitu loh, oiya ya saya pernah seperti ini oiya ya saya pernah missal saya pernah seneng dan cara cara saya ee menikmati kesenangannya tu seperti itu ternyata udah baik jadi perlu ditingkatkan e perlu besok kalau senang harus seperti ini, missal saya pernah sedih saya tulis tuh saya pernah melakukan kesalahan gini gini gini missal, kemudian kan suatu saat saya bisa baca lagi tuh kok saya kaya anak kecil banget missal kaya gitu ya saya seharusnya nggak seprti ini, ini bisa buat pembelajaran juga buat saya, bisa buat biar saya lebih plong, saya saya tuangkan dalam tulisan, bisa untuk mengingat kembali momen yang sudah pernah saya lakukan.


Terapis
Selain itu tadi apa lagi hobi anda?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Tadi saya suka dengerin music mas.


Terapis
Biasanya music apa yang sering didengarkan?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Tergantung mood, saya orangnya memang tergantung mood kali ya, misalkan mood saya lagi ee sedih tuh saya tu cari lagunya yang nggak sedih, trus kalau lagi seneng cari lagunya yang sedih tapi nggak tahu kenapa akhir-akhir ini itu saya sedih saya tambah ikut nyari yang sedih


Terapis
Kenapa itu?


Klien
Saya nggak tau mas makannya saya tu heran kok saya sekarang jadi kaya gini malahan


Terapis
Dulu seperti apa anda?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Dulu.. dulu saya maksudnya gimana nih mas dalam hal apa mas?


Terapis
Kan kata anda tagi akhir-akhir ini kalau sedih malah mencari lagu-lagu yang sedih, nha duku anda bagaimana?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Kalau dulu kalau sedih saya nyari lagu yang kebalikannya jadi yang  bitnya lebih kenceng, nah kalo lagi seneng biasanya yang mellow mellow maksud saya tuh biar disaat kamu seneng tuh kamu harus ingat ada kesedihan dibalik kesenangan, disaat saya apa tadi senang bisa ada sedih, nah kalau saya sedih itu biar saya tidak tambah terpuruk gitu loh, tapi kalau sekarang seakan-akan saya menikmati kesedihan sayaa… jadi sedih ya aku pinginnya.. nha kayaknya sekarang saya tau gini jadi saya sedih tapi tidak bisa meluapkannya dengan menangis kalau dulu itu saya tu kalau sedih bisa nangis tanpa harus musiknya itu sedih jadi saya sekarang tu mencari hal yang bisa membuat saya menangis gitu biar saya lebih plong kalau menangis itu jadi akhirnya saya memilih kalau sedih lagunya sedih.


Terapis
Yang anda rasakan dulu itu bagaimana kalau sedang sedih?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Lagi sedih apa yang dirasakan? Ya sedih


Terapis
Maksud saya kalau, tadi anda bilang kan dulu kalau sedang senang anda malah mendengarkan musik sedih, itu supaya apa?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Ya itu tadi, biar saya tidak terlarut-larut dengan kesenangan saya, jadi tu tetep inget gitu loh


Terapis
Kenapa anda harus membatasi hal tersebut?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Ya karena hidup itu tak selamanya seneng suatu saat kita akan merasakan sedih, dan saat sedih pun saya bisa merasakan seneng gitu loh, jadi hidup tu nggak melulu senengnggak melulu sedih saya harus memandang dari kedua sisi itu, itu dulu..


Terapis
Kalau sekarang?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Kalau sekarang nggak saya sedih lagunya sedih karena saya ingin menangis tapi nggak bisa nengis-nangis saya tu bisa plong kalau menangis


Terapis
Apa yang menyebabkan anda tidak bisa menangis?
Membangun interaksi
Tahap 1
Klien
Nggak tau, mungkin apa ya, dalam pikiran saya itu.. missal saya ada masalah ni masalahnya kan ada masalah gitu ya saya mencoba utuk menyelesaikan masalah itu dalam benak saya udah berpikir saya mencoba untuk menuliskannya tapi tiba-tiba saya tersadar gitu tugas saya tidak hanya memikirkan masalah ini, ini bukan masalah besar kamu musti harus menyelesaikan masalah yang lain masalah kuliah yang lebih penting, jadi masalah itu tidak terselesaikan saya tidak jadi menangis saya malah mengalihkan ke fokus yang lain, seperti itu jadi pada saat nanti besoknya lagi tu masalah yang belum terselesaikan itu muncul lagi nah saya badmood lagi nah terus saya udah pengen nangis kan auh pengen nangis rasanya tu ngeganjel pengen nangis biar plong, saat saya fokus pengen nagis lagi saya nggak bisa fokus jadi aduh saya nggak bisa buang-buang waktu buat nagis saya harus ngerkain tugas yang ini, saya harus itulah, hidup saya harus terus berjalan itu jadi masalahnya belum terselesainkan sebenernya.


Terapis
Tujuan anda datang kemari apa?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Kalau tujuannya sih apa ya.. saya tu itu mas orangnya itu ya saya selalu merasa ee saya itu pendapat saya dikeluarga saya itu kurang di nilai berharga jadi kurang memberikan kontribusi yang besar terhadap pengambilan keputusan didalam keluarga, jadi seakan-akan pendapat saya itu cuma yaudah kamu punya haak buat ngomong tapi pendapat kamu sebatas itu aja sebatas ngomong aja masalah diterima seringnya enggak


Terapis
Soal apa biasanya anda tidak diterima pendapatnya dalam keluarga?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Banyak hal, missal apa ya.. ya nggak sih nggak banyak hal.. sekarang ya? Apa ya missal saya tu punya pengalamannya ee nggak di denger itu pemilihan jurusan di SMA awalnya tu sebenernya aku pingin di IPS tapi disuruh ibu saya di IPA trus aku ngomonglah “Aku tu nggak bisa kalau di IPA aku tu nggak mampu” aku bilang gitu “Yaudah di coba dulu nanti kamu juga tau” yaudah.. yaudah akhirnya saya di IPA. Terus saya malah menunjukkan saya tu pinginnya di denger ya jadi malah saya menunjukkan diri saya yang negative gitu loh saya nggak mau belajar, saya nggak dengerin di kelas jadi membuat nilai saya tu jelek biar bisa ngebuktiin ke ibu saya bahwa saya bener-bener nggak bisa disitu, tapi tetep aja “Wes to kan udah udah berjalan sekolahnya tu, nggak mungkin kan mundur?” “Yaudah” akhirnya gitu kan, saya menerima udah. Terus “yaudah kamu di IPA nggak papa nati kalau pingin jurusannya di IPS terserah kamu masuk IPS” yaudah. Udah tu saya belajar pelajaran IPS kan karena saya ingin masuknya di IPS pada saat itu udah udah mau lulus saya udah mau daftar kan tanya dulu tu ke orang tua ternyata orang tua saya nggak setuju, “nanti kalau jadi guru bahasa Indonesia apa kerjaan kamu tu susah nyari kerjanya”, pokonya mereka slalu membuat alas an-alasan yang biar saya nurut sama mereka “kamu harusnya jadi dokter udahlah udah kamu kan udah di IPA tuh jadi dokter aja, kamu tu nggak liat om kamu jadi dokter enak tante kamu jadi doker enak, tapi pada saat itu saya tetep nggak mau menerima, terus udah saya nggak mau makan terus saya sakit trus akhirnya disitlah orang tua saya “Yaudah maunya gimana” baru disitulah saya dibolehin tapi walaupun aku udah dibolehin.. nah terus habis itu lagi tuh nggak sih mulai saat itu sudah mulai di denger sepertinya cuma, respon dari orang tua saya itu kurang nggak kaya plong gitu mas jadi ee dulu aku daftar psikologi di UGM bukan, di UNDIP sama di UMS, UMS udah di terima kan di UNDIP masih belum diterima eh masih belum diterima masih belum tes, nah terus saya tes dan di undip tu diterima ibu saya suruh milih “udahlah di UNDIP aja” tapi saya nggak mau saya maunya di UMS, nha terus habis itu saya suruh pulang “Kenapa kamu pilih ini?” saya ngasih argument saya “Ya aku udah terlanjur sekolah di UMS males kalo harus pindah ngurusnya” yaudah akhirnya boleh, tapi jadi karna saya udah di berikan kepercayaan ibaratya seperti itu udahlah ibu saya udah memperbolehkan saya, saya suruh jadi dokter nggak saya turutin, nggak mau di UNDIP saya diturutin akhirnya saya berkomitmen saya harus melakukan yang terbaik biar ibu saya tu saya bisa megang keprcayaan itu, tapi ternyata ee saya sudah berusaha yang terbaik, nilai saya sudah bagus saya di suruh nurut tapi orang tua saya tidak pernah memberikan paresiasi jadi kalau ketemu temen-temennya tu “Sekolah dimana?” Cuma di solo doang kaya gitulah nggak pernah menjelaskan itu di swasta saya nggak lebih baik dari orang-orang yang lain kaya gitu


Terapis
Ada hal lainnya yang membuat anda tidak di hargai?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Hal lain yang membuat saya tidak dihargai,.. apa ya tidak dihargai tu apa ya… ya bukan tidak dihargai secara ekstrim sih, ini yang simple ya misal saya nyapu tuh nha nyapuuu udah selesai trus nonton tv “Mbak itu hlo mbak masih ada yang kotor” lhaa Cuma segitu gitu loh, yaudahlah saya sapu lagi, segala hal selalu di komentari, masak rasanya dikomentari, saya udah capek-capek masak ya, terus habis itu nyuci apalagi kalau pake mesin cuci tu saya kan nggak biasa pake mesin cuci kan mas nha aku lupa nggak di cabut yaudah nha akhirnya aku lupa nggak di cabut nha trus “Piye to nyuci gur gawean kaya gitu aja kok lupa” Kaya gitu jadi hlo gimana saya udah saya tu dari pagi udah banayak kerjaan maksudnya nyapu habis nyapu nyuci, habis nyusi masak, habis masak beres-beres kaya gitu-gitulah sampai jadi kerjaan saya tu nggak berhenti-berhenti sampe ibu saya pulang sampe adik saya pulang, terus nyiapin makan buat adik saya nemenin adik saya kaya gitu-gitu sampe ibu saya pulang nanti ada kerjaan lagi jadi gitu loh kok nggak liat dari sisi yang luas gitu loh saya sudah mencoba melakukan hal banayk kalau saya sampe ada kesalahan kecil itu mbok ya itu wajar gitu loh.


Terapis
Anda itu anak keberapa?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Saya anak pertama dari tiga bersaudara, saya perempuan sendiri adik-adik saya laki-laki.


Terapis
Adik umur?


Klien
Yang pertama 17 tahun SMA kelas 2, yang kedua masih SD 10 tahun kelas 4


Terapis
Kembali ke tadi ee apa sih yang membuat ada itu sering tidak diterima pendapatnya?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Yang sering tidak di terima pendapatnya… emm apa ya.. apa ya.. ya jadi mau main misal ya saya piker umur saya udah segini pulang mau main “ngapain main” ya sebernya saya belum berpendapat sih mas, jadi tu apa ya pokonya saya sudah bepersepsi dulu gitu loh “wah nanti kalau saya main pasti nggak boleh” nanti kalau aku kalau aku apa ya nanti pasti apa sih nggak boleh lah pasti bapak saya marah pasti ibu saya marah soalnya pengalaman sebelumnya itu kaya gitu nggak boleh main nggak boleh gitu-gitulah jadi sebenernya belum ngomong tapi saya udah menyimpulkan sendiri


Terapis
Oo jadi anda belum pernah mengkomunikasikannya?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Belum, mungkin karena belajar dari pengalaman pas dulu-dulu itu kan setiap kali saya ngomong nggak uasah nggak usah main kamu tu ngapain main nggak boleh, nggak boleh, salah di marahin akhirnya kan udahlah nanti kalau misal aku ngomong nanti dimarahin mending nggak usah aja kaya gitu malahan, jadi saya merasa nanti kalau paling pendapat saya nggak di denger, paling kaya gitu aku udah bepersepsi kaya gitu dulu.


Terapis
Jadi masalah anda itu kurang diterima pendapatnya dalam keluarga seperti itu?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Kurang diterima sih bukan ya mas, tapi takut nggak diterima pendapatnya soalnya aku nggak coba buat ngomong, sekarang kaya gitu nggak berani untuk ngomongnya aja, saya nggak mau saya ggak mau ee selama ini kan saya selalu berpendapat dampaknya negatif berpendapat dampaknya negatif jadi dalam pikiran saya saya tu piker nanti kalau saya ngomong nanti saya di tolak sama sama pendapat saya ditolak sama  orang tua nanti saya harus sakit hati, harus pusing, harus mumet aku nggak mau kaya gitu, jadi akhirnya yaudah berhenti disitu nggak mau ngomong.


Terapis
Apakah semua demikian? Maksudnya apakah nggak pernah sekali aja pendapat anda tidak diterima?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Diterima pernah misal kaya ngelanjutin kuliah


Terapis
Iya, apa lagi?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Itu ya diterima tapi terserah ibaratnya kaya gitu apa ya apa sih itu aja


Terapis
Terus apa yang membuat anda takut kalau pendapat anda nanti tidak diterima?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Karena masalahnya tuh masalah yang besar bukan masalah yang sederhana gitu kaya sekedar apa ya beli baju itu kan sederhana hla ini tu pendapat.. apa ya ini masalah yang besar gitu loh mas


Terapis
Masalah apa?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Yaudah masalah apa sih… ya…


Terapis
Contohnya..
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Contohnya.. contohnya ya masalah besar ya… misal.. kaya mau main sama temen-temen lama, maksudnya beberapa hari nginep trust u dikomeninya banyak gitu loh “mau ngapain? Mending kegiatan yang lain, main-main tu apa fungsinya, nanti kamu dimarahin papa, udah nggak usah kalau mama sih nggak papa, tapi papa tu pasti nggak ngebolehin” misal kaya gitu yaudah akhirnya daripada ibu saya dimarahin papa saya daripada nanti iya sih nanti main ngapain yaudah nggak usah nggak jadi aja


Terapis
Kalau hal lainnya?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Hal lain maksudnya?


Terapis
Contoh lainnya?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Contoh dala hal apa mas?


Terapis
Emm itu kan masalah main, mungkin ada masalah lainnya?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Terkait?


Terapis
Terkait dengan pendapat anda yang tidak diterima?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Ya .. masalah apa ya… ya apa sih.. misal kaya masalah kemarin ya mas ibu saya kurang setuju saya punya.. bukan saya punya pacar saya berpacaran dengan orang tersebut, saya nggak berani untuk berpendapat disitu jadi ibu saya ngomong saya udah dengerin aja udahlah nanti kalau aku kalau aku kan nanti ujung-ujungnya ibu saya yang menang aku kaya gitu mikirnya, jadi akhirnya ibu saya ngomong saya dengerin saya dengerin walaupun dalam mendengarkan itu saya saya rasa nggak sepenuhnya ibu saya benar gitu loh tapi pada akhirnya saya mendengarkan ibu saya dan akhirnya yaudah karna mendengarkan yaudah akhirnya putus.


Terapis
Emm… apakah anda tidak mencoba mengeluarkan pendapat anda?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Enggak


Terapis
Kenapa?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Ya saya malas berdebat saya malas nggak pengen aja berdebat gitu loh saya nggak pengen yaudah soalnya saya mikirnya gini loh pasti saya nggak di denger saya mikirnya kaya gitu walaupun nggak tau akhirnya saya didenger atau nggak saya nggak tau soalnya kan saya nggak pernah nyoba memang kan tapi yaudah saya pasti nggak akan di denger begitulah


Terapis
Ada nggak keinginan untuk mengatakannya, untuk mengeluarkan pendapat anda?
Menggali masalah
Tahap 1
Klien
Ya pengen banget biar saya tu apa ya jadi setiap apa yang saya lakukan itu nggak hanya dilihat dari sisi segi pandang orang tua saya saja, saya juga berhak gitu hlo mengambil keputusan-keputusan yang nantinya berdampak pada saya gitu hlo mas saya pinginnya gitu


Terapis
Apa yang anda rasakan ketika ingin mengungkapkan pendapat anda tapi anda tidak bisa mengungkapkannya?
Membantu klien mengakui yang dirasakan
Tahap 1
Klien
Kesel pastinya ya, kesel, marah, tapi saya nggak punya daya gitu hlo ya gimana marah gimana udah gitu aja


Terapis
Itu saja?
Membantu klien mengakui yang dirasakan
Tahap 1
Klien
He’em…


Terapis
Terus apa yang ingin anda lakukan seandainya saja anda bisa mengungkapkan pendapat anda?
Membantu klien mengakui yang dirasakan
Tahap 1
Klien
Kalau saya bisa mengungkapkan pendapat saya ya saya ingin mengungkapkan ee apa yang ingin saya inginkan dari suatu masalah itu, misal harapan terhadap masalahnya tu… jadi gini mas misal ya.. saya kan lagi ada masalah ya mas ya.. ibu saya itu orang tua saya itu kan ee memiliki pilihannya sendiri buat saya..


Terapis
Pilihan?


Klien
Ya maksudnya… pilihan untuk.. aduuhh… mendampingi saya pasangan pasangan untuk saya bukan pilihan sendiri nah ya saya pinginnya ya semisal pendapat saya di dengar ya jadi saya memberikan kontribusi dong saya setuju atau enggak dengan pendapat mereka dengan pilihan mereka saya pinginnya di dengar… gitu


Terapis
Terus apa yang sudah anda lakukan?
Membantu klien mengakui yang dirasakan
Tahap 1
Klien
Belum ada, saya nggak berani ngomong


Terapis
Kenapa anda tidak berani ngomong, kenapa anda tidak mencobanya?
Membantu klien mengakui yang dirasakan
Tahap 1
Klien
Karena pasti orangtua saya ya itulah saya memandang saya tidak akan didengar, jadi saya ya tidak beranni  buat ngomong.


Terapis
Baik, berarti dapat disimpulkan bahwa mbak ini takut memberikan pendapat mbak karena mbak sudah berpikiran bahwa pasti nantinya pendapat mbak tidak akan didengar. Dan mbak merasa tidak adil karena mbak tidak memiliki kontribusi apa-apa dalam berpendapat
Membantu klien mengakui yang dirasakan
Tahap 1
Klien
Iya.


Terapis
Baik saya rasa cukup sampai disini dulu sesi pertama kita pada hari ini, besok kita lanjutkan kembali pada sesi berikutnya untuk memperoleh informasi yang lebih lagi mengenai masalah yang anda hadapi.


Klien
Iya mas.


Terapis
Terimakasih atas waktunya wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh


Klien
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh.










Hari 2: Rabu, 29 April 2015
Jam: 19.30-20.10 (31 menit)
Tempat: Makamhaji

K/T
Dialog
Microskill
Tahap
Terapis
Assalamualaikum waramatullahi wabarokatuh


Klien
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh


Terapis
Bagaimana kabar anda hari ini?


Klien
Alhamdulillah baik


Terapis
Baik sebelum kita masuk pada sesi kali ini, mari kita meriview sesi kita sebelumnya.


Klien
Iya


Terapis
Apa yang anda rasakan setelah mengikuti sesi pertama kemarin?


Klien
Apa ya.. emm.. lebih enak aja sih mas lebih bisa mengerti masalah saya sebenarnya apa sih dan yang menyebabkan masalah tersebut apa, mungkin seperti itu.


Terapis
Apa yang anda dapatkan setelah mengikuti sesi pertama kemarin?


Klien
Ee ya saya baru tau aja sih mas masalah inti masalah dari saya tu sebenarnya lebih ke saya tu sudah bepersepsi terlebih dahulu berpikiran negatif terlebih dahulu, saya bakal tidak pendapat saya akal tidak didengarkan oleh ibu saya atau orangtua saya lebih itu saja sih yang saya dapatkan dari sesi kemarin, kalau usaha saya belum maksudnya saya harus berbuat apa saya masih belum tahu  gitu.


Terapis
Apa sih kelebihan yang nda miliki?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Kelebihan saya?


Terapis
Iya


Klien
Emmm… saya tu orang nya dalam melakukan dalam melakukan sebuah rencana atau kegiatan biasanya saya buat terlebih dahulu planningnya.


Terapis
Contohnya?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Contohnya ya saya itu biasanya membuat list kegiatan 1 hari itu jadi emm saya akan lebih mudah menjalani kegiatan tersebut karena saya sebelumnya udah ngebuat list kegiatannya. Kaya gitu gitu sih mas.


Terapis
Kemudian kelebihan lainnya?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Emm apa ya.. oiya saya tu kan orangnya ekspresif kan ya mas ya.. jadi setiap saya merasakan seneng atau sedih saya sering menuliskannya, biasanya saya menulis pusi, cerita apa aja yang jelas ee saya menu menuangkannya dalam tulisan.


Terapis
Biasanya kapan anda menuangkan perasaan anda kedalam tulisan?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Ya itu tadi saat saya merasa senang kalau ada waktu saat itu juga saya tuangkan dalam tulisan, kalu nggak ya ya pas malamnya saya menulis kan apa yang saya rasakan.


Terapis
Biasanya anda lebih suka menuliskannya pada selembar kertas atau anda tuangkan dengan ketikan?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Biasanya sih saya suka ee menuliskannya langsung di kertas sih mas. Karna apa ya enak aja gitu kalau ee kalau di tuliskannya di kertas.


Terapis
Berarti anda lebih suka menuliskan langsung dengan tangan anda di kertas ya mbak?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Iya mas


Terapis
Lalu apa lagi kelebihan yang anda miliki?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Apa lagi ya… emm… saya tu orangnya rapi, jadi barang-barang ee apa namanya barang-barang di kamar saya seperti buku baju itu harus rapi. Misal yam as buku itu harus tertata rapi di raknya, kemudian baju juga saya tu nggak suka liat baju banyak yang di gantungkan jadi semuanya harus rapi.


Terapis
Emm..


Klien
Sepatu juga jadi sepatu yang nggak saya pakai itu saya masukkan kedalam kotaknya jadi biar terlihat rapi. Kalau mau ssaya pakai ya nanti tinggal saya keluarkan dari kotaknya. Gitu mas.


Terapis
Tadi kan anda sudah menyebutkan kelebihan-kelebihan yang anda miliki, kemudian kekurangan yang ada di dalam diri anda apa?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Kekurangan… ee kekurangan saya saya lebih mengedepankan emosi saya mungkin ya, jadi saat saya merasa emosi saya nggak baik saya lebih ingin menurutinya aja tanpa memikirkan orang-orang disekitar saya atau tanpa memikirkan jangka kedepannya bakal gimana.


Terapis
Seperti itu..
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Iya mas


Terapis
Ada lagi?
Memahami potensi
Tahap 2
Klien
Emm… apa ya.. mungkin itu aja sih mas.


Terapis
Anda kan sudah tau kan apa masalah anda, nha yang ingin anda lakukan kedepannya apa?
Mengarahkan klien menjadi diri sendiri
Tahap 3
Klien
Ya saya harus berani ngomong ke orangtua saya biar semuanya tu beres, dan saya bisa tau nanti bakal seperti apa, tapi ya itu tadi mas saya masih takut nanti ujung-ujungnya juga saya bakalan ditolak pendapatnya saya bakalan nggak didenger omongannya, saya tu males mas.


Terapis
Terus kalau anda tidak berni mengkomunikasikannya apa yang akan terjadi?
Mengarahkan klien menjadi diri sendiri
Tahap 3
Klien
Ya pasti ya bakalan kaya gini kaya gini aja sih mas,


Terapis
Dari potensi-potensi yang anda miliki kemudian kekurangan yang anda miliki kalau dihubungkan dengan masalah yang anda hadapi seperti apa?
Mengarahkan klien menjadi diri sendiri
Tahap 3
Klien
Maksudnya mas?


Terapis
Gini coba deh dari potensi atau kelebihan yang anda miliki bisa nggak anda gunakan hal tersebut untuk memecahkan masalah yang sedang anda hadapi?
Mengarahkan klien menjadi diri sendiri
Tahap 3
Klien
Mungkin saya bisa membuat daftar apa saja yang harus saya lakukan nanti kalau saya pulang ke rumah, mungkin saya bisa lebih memberanikan diri untuk ngomong ke orang tua saya  ee biar masalahnya bisa terselesaikan. Oiya ya mas kenapa saya nggak kepikiran dari dulu ya. Harusnya dari dulu saya udah ngerti harus seperti apa dalam menyikapi masa masalah yang saya hadapi ya. Intinya berarti saya harus bisa dan berani  mengkomunikasikannya ya. Iya iya bener



Terapis
Kemudian untuk mendukung atau untuk mereaisasikan agar nantinya anda bisa mengkomunikasikan apa yang anda keluhkan ke orang tua itu seerti apa?
Mengarahkan klien menjadi diri sendiri
Tahap 3
Klien
Emm.. mungkin saya harus melatih ee contohnya gini mungkin saya melatihnya kepada teman-teman sekitar saya misal dalam memilih makan kalau saya nggak atau kurang setuju saya bisa mengatakannya, mungkin jika hal it uterus di latih saya kitra itu akan berdampak juaga ee pada saya dalam menyampaikan pendapat saya dalam keluarga. Mungkin seperti itu.



Terapis
Berarti anda memiliki keinginan ya untuk berani mengeluarkan pendapat anda atau mengutarakan ketidak setujuan anda pada keluarga anda?
Mengarahkan klien menjadi diri sendiri
Tahap 3
Klien
Iya mas


Terapis
Baik dari pembicaraan yang telah kita lakukan tadi mbak tadi memiliki kelebihan atau potensi-potensi seperti membuat daftar list apa yang harus dilakukan dalam suatu rencana, kemudian rapi, kemudian mampu mengekspresikan suasana hati kedalam bentuk tulisan. Dari potensi-potensi yang mbak miliki itu sebenarnya akan bisa mempermudah mbak dalam menyelesaikan masalah yang anda sedanga hadapi. Jadi mungkin sampai disini dulu sesi kita pada hari ini, kesimpulan apa yang bisa anda ambil dari pertemuan kali ini?


Klien
Kesimpulan yang saya ambil saya harus berani bicara dengan keluarga saya agar masalahnya tu terselesaikan, dan saya nggak akan tau kalau nggak saya coba.


Terapis
Baik, saya rasa cukup sekian sesi kita hari ini terimakasih atas kesediaan waktunya Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh.


Klien
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh.



Kesimpulan tiap tahap :
Tahap 1 :
Pada tahap ini klien sudah mampu mengeluarkan masalah-masalah mengenai ketidak dierima pendapatnya di dalam keluarga, klien mampu menceritakan dan menjabarkan mengapa hal demikian dapat terjadi. Klien juga mampu menjelaskan perasaannya saat dimana pendapat klien tidak diterima dan  klien slalu diam dan mencoba menerima. Pada tahap ini pula terapis membangun kepercayaan pada klien untuk lebih terbuka sehingga nantinya hal tersebut dapat membantu klien pada dalam meahami masalahnya.
Tahap 2 :              
Pada tahap ini terapis mengarahkan klien untuk memahami potensi-potensi yang ada dalam diri klien sendiri. Dalam hal ini klien dapat memahami beberapa potensi yang dimiliki seperti membuat list perencanaa, mengekspresikan emosinya kedalam tulisan , kemudian selalu tertata rapi barang-barang di kamarnya selain itu juga klien menemukan kelemahannya seperti terkadang terlalu menuruti emosi sesaat tanpa memikirkan kedepannya seperti apa.
            Tahap 3:
Pada tahap ini terapis menanyakan tujuan klien kedepannya akan seperti apa. Kemudian terapis membantu klien dalam memahami apa yang akan dilakukan klien selanjutnya dalam penyelesaian masalah yang dihadapi.

Kesimpulan :
Sesi ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan dalam 2 kali pertemuan ini terapi dilakukan sampai tahap tiga. Klien dapat memahami masalah atau persoalan yang di hadapi, kemudian klien dapat memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki serta mampu menemukan upaya-upaya yang dapat dilakukan kedepannya untuk menelesaikan masalah yang dihadapi yaitu dengan berlatih mengkomunikasikannya kembali apa saja dengan orangtu agar nantinya pendapat subjek dapat di terima di keluarga.

Comments

Popular posts from this blog

KEMIRIPAN KEPEMIMPINAN HOKAGE DENGAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA

Halo gaess.... setelah saya pikir-pikir kok kepemimpinan Hokage di cerita Naruto hampir mirip dengan kepemimpinan presiden di negara kita Indonesia tercinta, ini buktinya : PEMIMPIN NEGARA / PRESIDEN / HOKAGE INDONESIA HOKAGE KONOHA KEMIRIPANNYA : Kebetulan-kebetulan yang terjadi antara Konoha dan Indonesia: hokage 1 bapa negara. hokage 2 pewaris kekuasaan. hokage 3 orang pinter. hokage 4 cengengesan. hokage 5 ibu-ibu.. Konoha : Hokage kelima alias tsunade itu keturunannya hokage pertama (senju hashirama) Indo : Megawati (Presiden V) adalah keturunan presiden pertama kita alias bung karno... Konoha : Hokage keempat plg sebentar merintah karena abis itu dia meninggal karena nyegel kyuubi. Indo : di RI jg presiden keempat plg bentar merintahnya. Konoha : Danzuo si fraksi militer Indo : SBY dari militer (TNI) Konoha : Ketika Hokage V memerintah, Denzuo bersikap oposisi dan keluar dari sistem. Indo : ketika megawati memerintah SBY keluar dari kabinet untuk

Cara Membuat Setting Goal Atau Cara Mencapai Tujuan Hidup

Assalamu’alaikum generasi milenial yang gak cuma suka membual hehe... Kembali lagi dengan tulisan saya yang kesekian. Kali ini kita akan membahas mengenai setting goal. Apa sih setting goal?  Setting goal adalah segala sesuatu yang menjadi tujuan kita. Biasanya setting goal adalah hal terbesar yang menjadi motivasi terbesar kita untuk hidup. Misalnya nhih, ingin jadi orang yang bermanfaat. Nah, tak jarang kita memiliki setting goal yang belum jelas dan tidak memungkinkan untuk berubah-ubah. Kita bahas satu per satu yaa guys. Pertama, belum jelas. Apa sih yang dimaksud belum jelas? Mungkin akan lebih mudah dengan contoh, “menjadi orang yang bermanfaat”. Belum jelasnya dimana? Yap! Tepat. Bermafaat yang seperti apa sih yang ingin kita capai. Bermanfaat itu adalah kata yang masih abstrak ya guys. Kata-kata tersebut menjadi tidak abstrak lagi kalau sudah bisa menjawab SPOK (buka buku bahasa Indonesia lagi kalau lupa ya, hehe). Biasanya suatu setting goal akan jelas k

Ditemukan Surat Dari Masa Depan

Sebuah Surat Dari Masa Depan Kepada Yth Manusia Di Tahun ini Aku hidup di tahun 2050. Aku berumur 50 tahun, tetapi kelihatan seperti sudah 85 tahun. Aku mengalami banyak masalah kesehatan, terutama masalah ginjal karena aku minum sangat sedikit air putih. Aku fikir aku tidak akan hidup lama lagi. Sekarang, aku adalah orang yang paling tua di lingkunganku, Aku teringat disaat aku berumur 5 tahun semua sangat berbeda, masih banyak pohon di hutan dan tanaman hijau di sekitar, setiap rumah punya halaman dan taman yang indah, dan aku sangat suka bermain air dan mandi sepuasnya. Sekarang, kami harus membersihkan diri hanya dengan handuk sekali pakai yang di basahi dengan minyak mineral. Sebelumnya, rambut yang indah adalah kebanggaan semua perempuan. Sekarang, kami harus mencukur habis rambut untuk membersihkan kepala tanpa menggunakan air. Sebelumnya, ayahku mencuci mobilnya dengan menyemprotkan air langsung dari keran ledeng. Sekarang, anak-anak tidak percaya bahwa du